Minggu (8/10/23) - Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, didampingi Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, meresmikan Greenhouse Griya Anggrek yang terletak di Desa Toyomarto, Kec. Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur yang dikelola oleh BUM Desa bersama Singosari.

Peresmian tersebut merupakan komitmen bersama agar anggrek menjadi komoditas ekspor.

"Kalau ini bisa ekspor, ini akan membuka ruang ekspor yang luar biasa, bagi seluruh pegiat anggrek di Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya," ungkap Menteri Desa PDTT

Wakil Bupati Malang menambahkan akan mengkominikasikan potensi budaya anggrek di Griya Anggrek Singosari melalui KLHK dan Kemendag.

Direktur BUMDesMa Singosari LKD, Agus Sudrikamto, menyampaikan persyaratan izin ekspor tanaman anggrek sudah dipersiapkan seluruhnya oleh pengurus BUMDesma.  

Acara dimulai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama antara BUM Desa bersama Singosari dengan PT. Java Indo Arjuna (PT. JAVINA) tentang Budidaya dan Perdagangan Tanaman Anggrek dengan Skema Perberdayaan dan Offtaker. PT. JAVINA  merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemuliaan, budidaya dan perdagangan anggrek serta produk pertanian lainnya dimana PT. JAVINA adalah pengembangan dari Kebun Anggrek Singosari yang telah berdiri sejak tahun 2012.

Greenhouse “Griya Anggrek Singosari” merupakan fasilitasi pengembangan kewirausahaan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi tahun 2022 dalam membudidayakan dan memperdagangkan anggrek oleh BUM Desma Singosari. DPD Pecinta Anggrek Indonesia (PAI) turut membantu penguatan usaha melalui  pengelolaan sarana greenhouse, pembibitan jenis anggrek Dendrobium dan Catleya, serta penyediaan kantor promosi perdagangan anggrek.

Greenhouse “Griya Anggrek Singosari” yang dibangun di tanah seluas 1.000 m2 di Tanah Kas Desa Toyomarto mampu menyerap 21 tenaga kerja dan menghasilkan omset penjualan anggrek sebesar 195juta melalui offtaker PT. Java Indo Arjuna (PT. JAVINA) serta pasar domestik seperti di Jakarta, Surabaya, Solo, Malang, Gresik, Pasuruan, Yogyakarta;

 

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi, Harlina Sulistyorini,  beserta jajaran,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur (Jatim) Budi Sarwoto, Ketua DPD PAI Jatim Fathul Yasin, Direktur PT. Javina serta para tamu undangan lainnya.

 

Bagaimana pendapatmu, #sobatdesa ?

#kemendesapdtt #mulaidaridesa #membangundaridesa