Menteri Desa PDTT bersama Wakil Menteri Desa PDTT didampingi seluruh JPT Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Desa PDTT menghadiri pelepasan dan peresmian ekspor perdana kentang dan buncis kenya hasil petani binaan BUM Desa Pulosari Handal dan PT Elevasi Agri Indonesia (Agrifarm) di Desa Pulosari, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung. Kentang sejumlah 8 ton dan buncis sejumlah 200 kg ini akan diekspor ke Singapura. Turut hadir Bupati Bandung beserta jajarannya, Camat Pangalengan, para Kepala Desa di Kecamatan Pengalengan, serta CAO PT Elevarm.


Menteri Desa PDTT mengapresiasi keberhasilan BUMDesa Pulosari Handal dalam mengembangkan potensi di daerahnya hingga bisa melakukan ekspor ke Singapura bekerjasama dengan PT Elevarm. Gus Menteri juga mengingatkan para pejabat dalam bekerja harus mempriotaskan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat desa.


PT Elevarm merupakan start up di bidang agritech yang saat ini membina 3000 petani di 12 Desa, dimana 4 diantaranya ada di Kabupaten Bandung, termasuk Desa Pulosari.


Model bisnis yang dilakukan adalah petani memasok hasil panennya kepada BUM Desa Handal Pulosari, untuk selanjutnya dipasarkan PT Elevarm sesuai standar ekspor. Melalui kerja sama antara BUM Desa Pulosari dengan PT Elevarm ini diharapkan bisa diduplikasi dan dapat terus dikembangkan di berbagai desa untuk meningkatkan nilai tambah dan jaringan pemasaran produk.