Sabtu, 26/11/2022 Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Plt Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi menghadiri panen perdana demplot pisang canvedish bersama dengan Sekretaris Kemenko Perekonomian, Sekjen Kemenkeu, Wakil Gubernur Jatim, Bupati Bondwoso dan Direktur PT Great Giant Food (GGF).


Demplot pisang cavendish ini seluas 1.8 hektare di Desa Maskuning Kulon, Kecamatan Pujer, Bondowoso, Jawa Timur. Selanjutnya setelah fase demplot ini berjalan dengan lancar maka akan masuk fase komersial dimana para petani di sekitar lokasi akan mulai menanam pisang cavendish dengan belajar dari demplot yang sudah dibangun. Kegiatan pengembangan budidaya pisang cavendish ini akan dikawal bersama lintas kementerian dan dengan PT GGF ini nantinya juga akan bertindak sebagai offtaker dan pendamping para petani.

Harapannya dengan sudah adanya demplot ini, para petani akan tertarik dan mempraktekan budidaya pisang ini di lahannya masing-masing, dan untuk menjaga keberlanjutan dan kelancaran usaha ini BUM Desa Bersama akan menjadi koordinator di tingkat lapang di perdesaan yang akan mengawal kegiatan budidaya sampai kegiatan Kerjasama antar desa agar skala ekonominya lebih terjamin dan tentunya dengan adanya BUM Desa Bersama akan mempermudah koordinasi dan fasilitasi penyediaan sarana dan prasarana kebutuhan budidaya. Selain Kabupaten Bondowoso, lokasi lain yang sudah siap mengembangan budidaya pisang ini yaitu Kabupaten Jember, Ponorogo (Provinsi Jawa Timur) dan Mesuji (Provinsi Lampung). Setelah panen tersebut, siangnya langsung diadakan rapat koordinasi dengan perwakilan 4 kabupaten tersebut dan PT GGF untuk menyusun bersama timeline kegiatan.