Ngobrol Pintar Akademi Desa: Gairah Bangga Buatan Indonesia melalui BUMDes dan UMKM Go International


  Kamis, 07 Oktober 2021 Kegiatan Ditjenpkp

Selasa (05/10/2021) Direktur Pelayanan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendesa PDTT bersama VP & CSR Small Medium Enterprise Partnership Program PT.Pertmanina (Persero) dan Kepala Bidang Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marives menjadi pembicara dalam Ngobrol Pintar Akademi Desa dengan tema Gairah Bangga Buatan Indonesia melalui BUMDes dan UMKM Go International. Tema ini diangkat seiring dengan akan dilaksanakannya launching kegiatan Gernas BBI di Kalimantan Timur pada bulan Oktober

Kemendesa PDTT akan menjadi campaign manager untuk kegiatan Gernas BBI di Kalimantan Timur dengan tema Go Borneo: Percaya Desa karena #DesaBisa pada bulan Oktober. Gernas BBI merupakan sebuah gerakan nasional untuk mendorong branding produk lokal unggulan untuk mampu menciptakan pasar yang lebih besar dan lebih luas sehingga dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan perekonomian pelaku UMKM lokal dan nasional. Direktur Pelayanan Investasi DDTT juga menyatakan terdapat tiga poin sasaran dalam pelaksanaan Gernas BBI ini yaitu untuk menciptakan nilai tambah terhadap produk yang dihasilkan UMKM, mengeluarkan / mengekspor produk ke wilayah di luar kawasan produksinya, dan menciptakan digitalisasi untuk memasarkan produk secara online.

Kemendesa PDTT bersama Bank Indonesia dan Pertamina dalam pelaksanaan kegiatan ini juga telah mengkurasi berbagai produk hasil karya BUM Desa dan UMKM yang akan ditampilkan pada acara launching Gernas BBI Kalimantan Timur di bulan Oktober. Siaran Ngobrol Pintar edisi hari ini dapat disaksikan kembali di akun YouTube Kementerian Desa PDTT.

Foto: Mugi/Kemendes PDTT