Grand Launching Gerakan Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur


  Jumat, 15 Oktober 2021 Kegiatan Ditjenpkp

Selasa (12/10/21), telah dilaksanakan Launching Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia Kalimantan Timur #GoBorneo Percaya Desa karena #DesaBisa di Samarinda Convention Hall, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh sejumlah pejabat, di antaranya Gubernur Kalimantan Timur, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Wakil Menteri Perdagangan, Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina, Wakil Gubernur Kalimantan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur beserta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian/Lembaga Republik Indonesia, serta sejumlah Kepala Daerah dan Kepala Dinas se-Kalimantan Timur. Selain itu, acara ini juga dilaksanakan secara virtual melalui Zoom dan dihadiri oleh sejumlah pejabat, di antaranya perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia sejumlah negara sahabat, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, beserta pejabat lainnya.

Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia Kalimantan Timur #GoBorneo resmi diluncurkan dengan pemukulan gendang oleh Menkomarves, Mendes PDTT, Menaker, Wamendag, Wakil Gubernur BI, dan Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi beserta Gubernur Provinsi Kalimantan Timur. Selanjutnya, rombongan berkeliling mengunjungi booth UMKM dan berbelanja produk buatan artisan lokal Kalimantan Timur.

Selain dapat berbelanja langsung pada booth UMKM binaan yang sudah terkurasi di Samarinda Convetion Hall pada Selasa dan Rabu, 12-13 Oktober 2021, masyarakat juga dapat berbelanja melalui situs lamin.etam.id yang merupakan kerja sama antara Bank Indonesia Kaltim dengan Pemerintah Daerah Kaltim Kaltim serta situs gerbangumkmborneo.com yang merupakan kerjasama antara Bank Indonesia Balikpapan dengan Pemerintah Daerah Balikpapan.

Diharapkan, dengan adanya Gernas BBI Kalimantan Timur #GoBorneo ini, permintaan masyarakat terhadap produk artisan lokal Kaltim dapat meningkat sehingga perekonomian lokal bisa bangkit.
Tayangannya dapat disaksikan pada kanal YouTube Kemendes PDTT di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=rN6nkoNC9B8&t=8930s.